4 Solusi Untuk Menangkal Sifat Buruk Manusia

bagaimanakan solusi untuk menangkal sifat buruk pada manusia? Langsung saja simak berikut ini;

1. Tetap Berpegang Teguh Kepada Dasar Agama dan Petunjuk Allah.SWTAllah SWT berfirman: “Turunkanlah kamu semaunya dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunju-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”

(QS. Al-Baqarah: 38)

2. Tetap Menjaga Ketaatan dalam Kondisi Sesulit Apapun


Menjaga ketaatan dalam sebuah kondisi sesulit apapun, di sini bermakna bersegera menyambut amalan kebaikan. Contohnya seperti syair yang dilantunkan Abdullah bin Rawahah untuk menggugah semangatnya saat nyalinya mulai runtuh di perang mut’ah.
Ketika dua orang sahabatnya yang juga komandan pasukan pergi mendahuluinya. “Wahai jiwa, jika syurga sudah di depan mata mengapa engkau ragu meraihnya?”
Allah SWT berfirman dalam surat Ali Imran ayat 133:
“Dan bersegeralah kami kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa.”
(QS. Ali Imran: 133)

3. Menjaga Keteguhan ImanLayaknya manusia, memiliki iman yang bersifat fluktuatif, terkadang naik dan terkadang turun. Sama halnya seperti yang dikhawatirkan sahabat Hanzalah, ketika ia curhat kepada Abu Bakar bahwa ia termasuk orang yang celaka.

Mengapa demikian? Karena ia merasa imannya turun ketika jauh dari Rasulullah SAW. Ternyata itulah yang dirasakan lelaki dengan iman tanpa goyah itu. Sehingga mereka berdua akhirnya menghadap Rasulullah SAW.
Mendengar permasalahan mereka, Rasulullah SAW pun hanya tersenyum dan menjawab, “Selangkah demi selangkah Hanzalah!”
Namun sungguh, iman seorang muslim yang baik, akan terus memiliki kekuatan untuk meningkat.
Di saat seperti inilah mungkin kesetiaan kita kepada Allah SWT diuji. Apakah kita dapat belajar mencintai-Nya di atas segala sesuatu, belajar mencintai sesuatu karena Allah SWT, dan belajar membenci kekufuran.

4. Selalu Berjama’ah

Dalam kondisi sendiri manusia akan lemah, dan kuat saat mereka berjama’ah.

Click to comment