Pentingkah Punya Rekening Bersama Sejak Pacaran?

Masa pacaran sering menjadi pilihan untuk masa penjajakan sebelum menapaki jenjang pernikahan. Dengan berpacaran, kamu bisa lebih tahu tentang karakter pasanganmu, hingga rencana masa depannya.


Perencanaan masa depan ini pun ditindaklanjuti dengan langkah yang lebih serius. Misalnya, dengan perencanaan keuangan. Entah untuk tabungan pre-wedding, resepsi, ataupun tabungan untuk bisnis kalau sudah menikah kelak. Karena dirasa perlu, kamu dan pasangan memutuskan untuk punya rekening bersama.Apakah langkah ini merupakan keputusan yang tepat? Sebagai pertimbangan, berikut sisi positif dan negatif dari mempunyai rekening bersama sejak pacaran Swara Tunaiku:
Dampak Positif
1. Bisa sama-sama tahu kebiasaan mengatur keuangan
Jika ingin mengenal kebiasaan mengelola keuangan pasangan, memiliki rekening bersama bisa jadi pilihan. Dari proses ini, kamu akhirnya tahu kenapa ya pacarmu suka kehabisan uang di akhir bulan? Atau kenapa pasanganmu begitu loyal dengan membeli banyak barang untuk orang tua. Hal-hal seperti ini sulit diketahui jika nggak pernah mengelola keuangan bersama-sama.


2. Meningkatkan komitmen untuk masa depan
Saat kamu dan pasangan sudah memiliki keputusan bulat untuk membuat rekening bareng, tandanya hubungan kalian cukup serius nih.
Kalian sudah bersedia berkomitmen satu sama lain untuk masa depan berdua. Dari sini, kamu bisa mulai mendiskusikan apa saja yang perlu dilakukan agar tabungan bertambah.
Dan apa saja yang perlu dipangkas agar dapat berhemat. Namanya juga sudah komitmen, maka harus siap menerima konsekuensinya yaitu lebih banyak nabung dan lebih hemat dalam keseharian.
3. Meningkatkan kemauan untuk menabung
Jika memiliki tujuan yang jelas seperti pernikahan atau membuka bisnis bersama, semangat untuk menabung pun begitu menggebu-gebu.
Besarnya biaya yang dibutuhkan untuk menjalin kehidupan berumah tangga membuatmu lebih realistis. Siap-siap menentukan prioritas barang apa yang bakal dibeli, mulai dari rumah hingga mobil pribadi. Seru juga ya?

Sumber:Liputan6.com,

Click to comment