5 Barang Ini Sebaiknya Tidak Dikenakan Saat Jadi Anak Baru di Sekolah

 Musim ajaran baru telah tiba. Anak-anak yang baru menyelesaikan pendidikan di bangku SD dan SMP, saat ini sudah siap masuk sekolah baru untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat SMP dan SMA. 
Nah sebagai murid baru, Sobat GoHitz sebaiknya tampil sederhana dan tidak mengenakan barang-barang yang 'dilarang' dipakai oleh murid baru. Apakah maksud dari tidak mengenakan barang yang 'dilarang'? 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa di banyak sekolah terdapat peraturan tidak tertulis yang harus dipatuhi oleh anak baru. Peraturan tersebut biasanya dibuat oleh senior-senior terdahulu dan sudah menjadi tradisi untuk dipatuhi oleh murid baru. Beberapa peraturan tidak tertulis tersebut di antaranya terkait dengan penggunaaan barang-barang tertentu. Apa saja barang-barang yang dimaksud tersebut? Simak ulasannya berikut ini. 
1. Mengenakan barang bermerek
Jika kamu memiliki barang-barang bermerek mahal, sebaiknya tidak digunakan saat awal-awal menjadi murid baru. Hal tersebut ternyata bisa membuat kamu tidak disukai oleh kakak kelas. Kamu akan dianggap pamer dan sok oleh mereka. 
2. Aksesoris berlebihan
Kamu sebaiknya juga tidak mengenakan aksesoris yang mencolok dan berlebihan. Misalnya mengenakan jam tangan mahal, kaos kaki warna-warni dan sebagainya. Ada dua hal yang bisa terjadi denganmu jika kamu masih melakukan hal tersebut. Pertama, kamu bisa dilabrak kakak kelas karena dianggap ingin mencari perhatian. Kedua, barang-barangmu bisa 'dipalak' sama geng kakak kelas yang bandel. Iihh nge-betein banget pastinya kan. 
3. Mengenakan seragam yang tidak semestinya
Jika kamu mengenakan seragam yang tidak sesuai aturan, selain dilabrak kakak kelas, kamu juga bisa dimarahi oleh guru. Seragam yang dimaksud misalnya adalah seragam yang terlalu ketat, celana panjang skinny untuk anak laki-laki yang masuk SMA, celana pendek di atas lutut bagi anak laki-laki yang masuk SMP dan sebagainya.
4. Mengenakan riasan wajah berlebih
Untuk para anak perempuan, jangan coba-coba untuk mengenakan riasan wajah berlebih pada awal-awal menjadi anak baru. Kalau bisa kamu juga tidak mengenakannya selama masih duduk di bangku sekolah. Penggunaan riasan wajah berlebih, apalagi sampai mewarnai rambut, bisa menjadi salah satu faktor pemicu kamu dilabrak dan disemprot oleh geng kakak kelas cewek.
5. Mengenakan perhiasan mencolok
Perhiasan juga menjadi barang yang dilarang dikenakan oleh murid baru. Sebenarnya, penggunaan perhiasan seperti anting, kalung, ataupun cincin diperbolehkan asal tidak mencolok. Tapi kalau perhiasan yang dikenakan berukuran besar dan bahkan bertabur berlian, itu sih sudah pasti akan mendapat teguran dari kakak kelas dan juga guru. 
*NB: Ada sekolah yang sudah menerapkan peraturan tidak tertulis tersebut ke dalam peraturan tertulis.

Click to comment